Feeds RSS

Sunday 14 June 2009

MarKiSol


Sholat adalah hal yg sangat ditekankan dalam agama Islam karena ini merupakan tiang dari agama islam. Banyak dalil yang menerangkan tentang sholat ini dalam al-Quran dan hadits dan kita bisa mencarinya di situs internet. Sholat 5 waktu sehari semalam adalah yang utama dan diwajibkan kepada kita untuk melakukannya. Sholat yg utama bagi laki2 adalah di masjid secara berjamaah dan bagi wanita adalah di rumahnya. 

Sholat itu ibadah yang sangat singkat jika dibandingkan dengan berbagai aktifitas kita dalam sehari. Jika sekali sholat fardhu dihitung paling lama 5 menit, maka total dari sholat fadhu sehari semalam adalah paling lama 25 menit. Dalam 16 jam waktu kita melek sehari (setelah dipotong 8 jam untuk tidur), sangat ringan jika kita potong hanya 25 menit untuk melaksanakan ibadah yang wajib ini. Sholat memang sangat sulit untuk dijaga. Jika kita sedang semangat maka sholat akan terasa ringan dan nikmat, tetapi jika sedang malas maka terasa sangat berat bahkan memikirkannya saja pun enggan. 

Setiap hal itu butuh proses begitu juga dengan sholat ini. Kebiasaan untuk sholat harus dimulai dari proses awal yaitu adanya niat untuk menjalankan kewajiban ini secara rutin. Setelah niat yang merupakan ibadah batin dilanjutkan dengan ibadah lahirnya yaitu dengan membiasakan diri untuk sholat wajib. Emang berat pertama-tamanya, banyak godaan ini dan itu, tapi kalo kita komit maka godaan itu harus dilawan dengan sekuat tenaga. Awalnya sholat di rumah dulu bagi laki2, setelah udah mulai rutin dan gak pernah kelewat waktunya (kecuali biasanya subuhan lewat terus), kita coba untuk sholat nya secara jama’ah di masjid. insaAllah lama kita akan terbiasa dan tidak terasa ini akan menjadi rutinitas dan kenikmatan bagi kita . 

Seperti kata pepatah ”bisa karena biasa”.

8 comments:

donalduck said...

baru aja minggu lalu saya posting ttg sholat... hehe
sholat itu nikmat yaaa mas...

abang said...

Waalaikumsalam, kunjungan balik nih ...
Shalat subuh ketewat gak tadi he3
Met berkarya terus yachh ..

penjelajah said...

@ abang : alhmdulilllah...nggak kelewat hehe..ok thank's

@ deena : ya sedang berusaha untuk dinikmati :)

kawanlama95 said...

moga sholat kita bisa khusu ya.aduh baru mampir lagi neeh

@_T!ka said...

Wah, makasih udah ngingetin saya tentang sholat, ya. :)

Rian Bowok said...

waah, jadi malu, sholat saya masih bolong boloong

Lovely Dee said...

Yup.. nah yang sulit lagi, menjaga kekhusyu'an shalat.. mm, ada tips ga?

Hotel di Malang said...

Sholat salah satu bentuk pengabdian hamba terhadap tuhannya, namun tuhan tidak akan terkurangi kekuasaannya, kemahaannya meskipun tidak ada satu orangpun yang tundu kepadanya, jadi mulailah dari saat ini, jadikan shalat kita sebagai kebutuhan rohani kita