Feeds RSS

Wednesday 24 June 2009

cuma gurauan kok ??


mo bagi2 ilmu neh

Bersenda gurau, ngebanyol, ngebodor, nge"joke", gojek, guyon atau apalah istilahnya emang asyik. Bisa ngelepas penat, bikin mood happy, bikin ceria dan seneng lah pokoknya. Apalagi ketemu bahan yg lucu pasti bikin terpingkal2 sampe jungkir balik gak karuan. kadang2 bikin susah mingkem dan bikin mulut, pipi dan rahang pegel. Tapi sebagai muslim, kita harus hati2 kalo bergurau. Secara sengaja atau tidak, kita kadang2 membuat guarauan dalam agama. Coba dipikirin deh hal2 dalam agama yg pernah kita jadiin bahan gurauan. Sebaiknya mulai sekarang kita mulai kontrol dan jangan asal ucap aja karena bisa berakibat fatal buat kita nantinya.


firman Allah SWT :

وَلَئِن سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ 

Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentu mereka akan menjawab:"Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja". Katakanlah:"Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?". 

لاَ تَعْتَذِرُواْ قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ إِن نَّعْفُ عَن طَآئِفَةٍ مِّنكُمْ نُعَذِّبْ طَآئِفَةً بِأَنَّهُمْ كَانُواْ مُجْرِمِينَ 

Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami mema'afkan segolongan dari kamu (lantaran mereka taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) di sebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa. (QS. At Taubah 9 : 65-66).

nah kita harus mawas diri neh dalam bersendagurau. Jangan ampe kita seneng, ketawa-ketiwi di sini tp ntar nangiis2 di sononye

moga bermanfaat

5 comments:

ducky said...

makasi mas, tauziah jumatku nih...

kemaren pas banget baca ini di eramuslim... betul, kita seharusnya berhati-hati dalam hal bercanda ini..

ammadis said...

Haaa...ini baru pertamakali kubaca postingan blogspot yg pake tulisan arab gini...(bagus lho hasilnya...gimana caranya yaaa...?)

HATI-HATI KLO BERCANDA, MULUT/LIDAH LEBIH TAJAM DARIPADA PEDANG....

fales said...

@ ducky : ya sama2 :)..
@ Ayas : lam knal jg
@ ammadis : cara nya gmpng sob, tggl coppy paste aja dr situs laen yg ada ayat al-Qur'an nya..hehe

@_T!ka said...

Wah iya nih. Terima kasih sudah mengingatkan.

Kadang2 saya juga takut kalau becanda dengan teman dan secara nggak sadar menyakiti hati teman tersebut.

Hotel di Malang said...

Senda gurau, bercanda, banyolan, ngebodr itu tidak dilarang, namun pada tempatnya, jangan sampai sedang berbicara aturan, norma, hukum di olok2a. dijadikan mainan..